Breaking News

Senin, 25 Juli 2016

tujuan dan fungsi sop

 
PENGERTIAN, TUJUAN, DAN FUNGSI SOP Pengertian SOP
1.

Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkansuatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.2.

SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.
Tujuan SOP
1.

Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau timdalam organisasi atau unit kerja.2.

Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi3.

Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.4.

Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahanadministrasi lainnya.5.

Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi
Fungsi SOP
1.

Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.2.

Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.3.

Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.4.

Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.5.

Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.Dalam menjalankan operasional perusahaan , peran pegawai memiliki kedudukan dan fungsiyang sangat signifikan. Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagaiacuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional,handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By