Breaking News

Senin, 25 Juli 2016

pengertian SOP ( STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR )


. PENGERTIAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR 

Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksikerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan ungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator!indikator teknis, administrati dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerjapada unit kerja yang bersangkutan.".Manaat Standar Operasional Prosedur
sebagai standarisasi cara yang dilakukan pega#ai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pega#ai dalam melaksanakan tugas.
Meningkatkan e$siensi dan eekti%itas pelaksanaan tugas dan tanggung ja#ab indi%idual pega#ai dan organisasi secara keseluruhan.
Membantu pega#ai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada inter%ensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari!hari.
Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pega#ai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu menge%aluasi usaha yang telah dilakukan.
Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
Memberikan inormasi mengenai kuali$kasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pega#ai dalam melaksanakan tugasnya.
Memberikan inormasi dalam upaya peningkatan kompetensi pega#ai.
Memberikan inormasi mengenai beban tugas yang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By