. PENGERTIAN STANDAR
OPERASIONAL PROSEDUR
Standart
Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksikerja tertulis
yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan
administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana
dan oleh siapa dilakukan.Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional
Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas
pekerjaan sesuai dengan ungsi dan alat penilaian kinerja instansi
pemerintah berdasarkan indikator!indikator teknis, administrati
dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerjapada
unit kerja yang bersangkutan.".Manaat
Standar Operasional Prosedur
▪
sebagai
standarisasi cara yang dilakukan pega#ai dalam menyelesaikan
pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
▪
Mengurangi
tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang
pega#ai dalam melaksanakan tugas.
▪
Meningkatkan
e$siensi dan eekti%itas pelaksanaan tugas dan tanggung ja#ab
indi%idual pega#ai dan organisasi secara keseluruhan.
▪
Membantu
pega#ai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada inter%ensi
manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam
pelaksanaan proses sehari!hari.
▪
Meningkatkan
akuntibilitas pelaksanaan tugas.
▪
Menciptakan
ukuran standar kinerja yang akan memberikan pega#ai cara konkrit
untuk memperbaiki kinerja serta membantu menge%aluasi usaha yang
telah dilakukan.
▪
Memastikan
pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung
dalam berbagai situasi.
▪
Memberikan
inormasi mengenai kuali$kasi kompetensi yang harus dikuasai oleh
pega#ai dalam melaksanakan tugasnya.
▪
Memberikan
inormasi dalam upaya peningkatan kompetensi
pega#ai.
▪
Memberikan
inormasi mengenai beban tugas yang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar